Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Terbaik

dongeng sebelum tidur

Salah satu cara agar anak bisa tidur adalah dengan membacakan dongeng terlebih dahulu. Hal ini sudah dilakukan turun temurun oleh nenek moyang kita sejak dahulu hingga sekarang ini.

Nah, bagi bunda yang sedang mencari referensi, berikut kumpulan dongeng sebelum tidur terbaik yang bisa bunda bacakan saat si kecil mau tidur:

Asal Usul Situ Bagendit

Cerita rakyat Sunda ini mengisahkan tentang seorang janda kaya yang hidup di sebuah desa di  Garut yang bernama Nyi Endit. Janda kaya ini memiliki banyak uang tapi memiliki sifat pelit.

Ketika musim paceklik tiba, dan kehidupan warga sekitarnya sedang kesusahan Nyi Endit malah berpesta pora dan tidak memikirkannya.

Pada suatu hari ketika Nyi Endit sedang pesta datanglah seorang pengemis dan menegurnya lantaran sifat pelit dan serakahnya yang tidak mau menolong sesama.

Kemudian si pengemis itu menantang Nyi Endit dan pengawalnya untuk mencabut sebatang ranting yang ia tancap di tanah. 

“Jika kau bisa mencabutnya kau termasuk orang-orang yang mulia di dunia ini,” kata si pengemis.

Nyi Endit dan pengawalnya memenuhi tantangannya itu dan berusaha mencabut ranting tersebut.

Lalu si pengemis menariknya sendiri dan dari lubang bekas ranting itu keluar banyak air yang menenggalamkan seluruh desa hingga membentuk sebuah danau di dinamai Situ Bagendit.

Si Kura – Kura yang sombong

Konon ada seekor kura-kura yang sombong dan merasa dirinya lebih pantas terbang dibandingkan berenang di perairan. Namun, ia merasa kecewa dan jengkel karena memiliki tempurung keras yang membuat tubuhnya terasa berat.

Sang kura-kura semakin kesal ketika melihat sahabat-sahabatnya yang berpuas diri dengan berenang. Kejengkelannya semakin bertambah saat melihat burung terbang bebas di atas langit.

Pada suatu hari, sang kura-kura memaksa seekor angsa untuk membantunya bisa terbang. Dengan terpaksa di angsa pun akhirnya menyetujuinya. Sang angsa mengusulkan agar si kura-kura berpegangan pada sebatang kayu yang akan diangkatnya.

Lantaran kekuatan tangannya agak lemah, si kura-kura menggunakan mulutnya yang lebih kuat. Si kura-kura pun akhirnya bisa terbang dan merasa bangga.

Melihat teman-temannya di bawah sedang berenang. Ia hendak menyombongkan diri, Namun, ia lupa bahwa mulutnya harus tetap digunakan untuk menggigit kayu. Kura-kura pun terjatuh sangat keras ke bawah. Untung ia masih selamat berkat tempurung kerasnya itu yang pernah dibencinya.

Cermin Ajaib

Diceritakan ada seorang raja bernama Granada yang sedang mencari calon istri. Sang raja pun mengadakan sayembara. Barang siapa yang ingin menjadi istrinya, maka ia harus melihat ke dalam cermin ajaib yang mampu memperlihatkan kebaikan dan keburukannya di masa hidupnya.

Mendengar persyaratan tersebut, pada wanita yang awalnya antusias ingin menjadi istri raja langsung patah semangat. Karena mereka khawatir dan malu jika semua orang akan mengetahui keburukan-keburukan yang pernah dilakukannya.

Namun, ada seorang wanita yang berani mengajukan diri dan menerima persyaratan tersebut. Wanita tersebut merupakan seorang pengembala yang berasal dari keluarga miskin. Bukan karena ia merasa suci dan tidak pernah melakukan dosa, namun menurutnya selama mau memperbaiki diri maka bisa dimaafkan.

Tanpa meras ragu, ia pun melihat ke dalam cermin tersebut. Lalu sang raja mengatakan bahwa sebenarnya cermin itu hanyalah cermin biasa. Ia hanya ingin menguji rasa percaya diri para wanita yang ada disana. Yang akhirnya, mereka berdua pun menikah dan hidup bahagia selamanya.