Tak hanya berguna untuk berbagi informasi atau hiburan melalui video pendek, TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Apa saja manfaat tiktok untuk bisnis? TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Aplikasi milik ByteDance ini bahkan menjadi media sosial yang paling banyak diunduh oleh masyarakat pada 2021.
Oleh sebab itu, TikTok menjadi media sosial yang berpotensi baik untuk bisnis setelah Instagram dan Facebook. Akan rugi jika kamu melewatkan platform TikTok untuk mempromosikan bisnis. Pasalnya, ada banyak manfaat TikTok untuk bisnis.
Manfaat TikTok untuk Bisnis
Berikut beberapa manfaat TikTok untuk bisnis yang bisa menjadi pertimbanganmu dalam menggunakan TikTok sebagai media promosi usaha.
1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens
Sejak aplikasi TikTok diluncurkan pada 2016, media sosial berbasis konten video ini telah diunduh lebih dari 2 miliar kali di App Store dan Google Play. Itu artinya, ada banyak sekali .pengguna TikTok dari berbagai negara di dunia. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi brand, karena kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens melalui TikTok.
Terlebih lagi, TikTok telah diunduh oleh pengguna dari berbagai kelompok usia, jenis kelamin, hingga profesi. Dengan begitu, brand kamu dapat dipromosikan kepada berbagai jenis audiens.
2. Memiliki Engagement yang Besar
Manfaat TikTok untuk bisnis yang selanjutnya adalah memiliki engagement yang besar. Engagement atau keterlibatan pengguna TikTok sangat luar biasa, sehingga bisa membantu brand untuk meningkatkan penjualan.
Dikutip dari laman Ignite Visibility, rata-rata pengguna TikTok menghabiskan waktu selama 52 menit per hari untuk mengakses aplikasi. Dengan kata lain, waktu layar para pengguna cukup lama sehingga mereka berpotensi terekspos berbagai macam iklan saat menggunakan TikTok.
Tingkat keterlibatan pengguna yang besar itu pun dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk meningkatkan visibilitan produk atau layananmereka.
3. Buat Konten Lebih Menarik dan Kreatif
Konten yang kreatif biasanya akan mudah menarik perhatian audiens. Itulah salah satu manfaat TikTok lainnya bagi bisnis. Brand kamu bisa menghasilkan konten yang menarik dengan TikTok. Ini karena TikTok memiliki fitur pembuatan video yang didukung dengan fitur lain, seperti efek kamera hingga suara.
Kamu juga bisa membuat duet video atau video reaksi dengan TikTok yang pada akhirnya dapat meningkatkan engagement pengguna. Strategi pemasaran melalui video terbukti sebagai marketing yang paling ampuh karena menurut Iconosquare, sebanyak 86% orang ingin melihat lebih banyak video dari brand.
Oleh sebab itu, TikTok menjadi platform yang tepat untuk membantu brand kamu dalam membuat video pemasaran yang menarik.
4. Membuat Bisnis Tetap Relevan dengan Tren
TikTok menjadi media sosial yang memiliki banyak tren, sehingga pengguna bisa menjelajah berbagai konten video. Jika dilihat dari manfaat TikTok untuk bisnis, brand dapat sangat terbantu karena bisa membuatnya relevan dengan tren yang menyebar di kalangan pengguna.
Selama tren terus ada, kamu pun tak akan kehabisan ide untuk membuat konten promosi bisnis. Oleh karena itu, brand sebaiknya selalu up to date dengan tren atau konten-konten viral. Lalu, manfaatkan momen tersebut untuk membuat konten yang kreatif sehingga audiens tertarik.
TikTok juga telah menerapkan algoritma yang efektif untuk menampilkan video yang sedang tren kepada pengguna yang relevan dengan minat mereka. Dengan begitu, video brand kamu bisa lebih mudah untuk menjangkau target audiens yang sesuai. Nah, untuk kamu yang lagi cari berita terunik dan terbaru bisa klik disini,